Sabtu, 28 Februari 2009

2009_02_28 Garut- Pagi Yang Penuh Kesahajaan




Pagi yang Indah ...
Masih di kota Garut yang dingin dan menawarkan kehangatan wisata alamnya. Membuatku tak sabar ingin mengetahui, ada apa disekitar tempatku menginap. Udara masih dingin. Beberapa pintu kamar nampak rapat tertutup. Beberapa penjaga hotel terlihat bolak balik mengamati keadaan dengan jaket tebalnya.




Suasana hotel pagi itu, .. terlihat lebih sepi dari suasana hiruk pikuk malam, oleh keramaian pengunjung yang baru datang dan menikmati kolam air hangat



Sesayup di kejauhan, langit mulai lebih terang .. dan perlahan Gunung Cikuray di kejauhan mulai terlihat



Gunung Cikuray *tak tertangkap oleh kamera*

Dibelakang hotel tempat kami menginap, teratur barisan Gunung Putri dan Gunung guntur yang tinggi dan megah. Sementara Gunung Papandayan masih "tertidur" berselimut kumpulan awan yang tebal.



Mumpung masih sepi, kami sempatkan untuk melakukan "survey" kecil kolam air panas yang secara gratis difasilitasi bagi pengunjung yang menginap. Airnya terasa hangat, dengan 2 kedalaman yang berbeda. Satu kolam anak anak tak terlalu hangat, sementara kolam lainnya yang lebih besar terdiri atas kedalaman tertentu dengan kehangatan yang lebih tentunya.



Suasana kolam ketika pagi masih sepi, ... tak banyak yang berminat untuk menceburkan diri di kehangatan air pemandian




Hotel tempat kami menginap, dengan kolam renang air panas yang merupakan fasilitas gratis penginapan



Pagi pagi, warung warung kecil sudah ramai menawarkan dagangannya. ada bubur, soto, nasi goreng .. mm, hangat untuk disantap di suasana pagi yang dingin. Tak banyak penghuni kamar yang sudah melangkahkan kakinya keluar kamar dan melakukan aktivitas di luar. Diantaranya banyak yang langsung menuju ke kolam renang air hangat.





Beberapa hotel dengan bungalow bungalownya banyak ditawarkan di jalan Cipanas Tarogong ini. Sepintas lebih mirip daerah Kutanya Bali, yang tak pernah sepi dari pengunjung dan keramaian. Dari Hotel bintang sampai melati semua ada. Jangan pernah khawatir kehabisan tempat. Cuman bila sudah kepenuhan, .. ya siap siap menerima apa adanya. Toh buat istirahat semalam saja ...



Menelusuri jalan jalan setapak disekitar "komplek" penginapan, terdapat satu jalan kecil yang tertata rapi. Yang membuatku tertegun adalah suara air deras mengalir memancing keingintahuan lebih dekat. Rupanya aliran air selokan yang bening, membawa air hangat dengan uap uapnya yang terlihat.


Gunung Cikuray nampak dari balik atap penginapan ..



Pagi yang indah, sesayup pemandangan gunung gunung yang membentang diantaranya mulai membuka diri. Awan awan kecil pun menyingkir. Udara yang dingin masih mendominasi di tengah hangatnya matahari pagi. Delman delman ramai menawarkan jasanya berkeliling mencari pernak pernik kerajinan dan oleh oleh hantaran. Serasa dimanjakan oleh suasana dan keramahtamahannya ...




Tak henti hentinya keindahan awal hari itu, diabadikan dengan kamera mungil yang menyimpan banyak kenangan. Penginapan yang berjejer di tepi jalan raya Cipanas, Gunung gunung yang terlihat jelas dan seakan begitu mudah di raih oleh mata telanjang. * I love mountains*
Semua itu tak kan pernah ditemui di satu kota besar yang sarat oleh kesibukan dan ambisi semata.






Mengenang kembali masa masa kecil naik delman, aku menyegerakan diri berkeliling bersama kuda besar dan "Abang Delman" nya. Mm .. serasa di Bogor atau di putaran Monas. Suara ketukan kaki kuda membuat perjalanan kecil ini serasa menelusuri perkampungan atau pedesaan yang masih asri. Udara dingin meniup beberapa helai rambutku. Sementara suamiku asyik mengambil gambar di sekitar perjalanan.





Mampir di toko oleh oleh. Sangking banyaknya makanan yang disajikan, aku sampai pusing mau memilih yang mana. Semua ada .. semua malah ingin dicoba sebelum membeli *kalau bisa*
Tak lagi membeli dodol Garut yang sudah banyak di pasaran. Ingin mencoba sesuatu yang berbeda, walau harganya .. kok mahal juga ya?? *gigit jari*






Masih menikmati suasana perjalanan kembali ke hotel. Mm .. pemandangannya tetap cantik untuk dinikmati. Perumahan penduduk disekitar, pepohonan kelapa yang tinggi menjuntai diantaranya. Hotel hotel berbintang yang turut bertebaran di beberapa sisi jalan, dan perkebunan tomat cherry yang sedikit menampakkan hasilnya, mulai menguning dan kemerahan.





Gunung Guntur, Putri dan Cikurai mendominasi pemandangan selama perjalanan. Bagi sebagian orang, mungkin ini merupakan gambaran biasa sebuah perbukitan. Namun bagiku, keindahan suatu tempat adalah dari sisi pegunungan dan awan awan yang menyelimutinya.







Rumah penduduk yang berlatar belakang Gunung Cikurai




Perkebunan tomat cherry

Cerita belum usai sampai disini. Masih akan berbagi cerita soal pemandian yang merupakan wisata air hangat di Cipanas Garut. Mm ..penasaran seperti apa kolam pemandian air hangatnya? ..

Baca:
** Garut- Kabut Di Sisi Kota Berbeda
** Garut- Sisi Kota Yang Terjaga
** Garut- Pemandian Air Hangat


2 komentar:

reni mengatakan...

Laporan perjalanan yang lengkap !!! Panduan bagi yg mau ke Garut tuh. Siapa mau ??

Pigura Perjalanan mengatakan...

@Mbak Reni:
he he .. mau mau mau ...

Pigura Perjalanan II © 2008 Template by:
SkinCorner